BK Ethnic, Angkat Budaya Batak Lewat Kaos

BK Ethnic, Angkat Budaya Batak Lewat Kaos Reviewed by beta on . This Is Article About BK Ethnic, Angkat Budaya Batak Lewat Kaos

Bandung – Siapapun tahu Indonesia memiliki kekayaan suku dan budaya. Dua hal tersebut menyimpan potensi yang besar untuk dikembangkan agar nama Indonesia semakin terkenal di kancah Internasional. Potensi tersebut coba dibidik sekelompok anak muda, mereka melestarikan dan mencintai tanah kelahiran mereka dengan memproduksi kaos bertema etnik. Felix, Putra, Jerry, dan Rinaldi, keempat sahabat ini mengenyam [...]

Rating: 5

bketnikisiBandung – Siapapun tahu Indonesia memiliki kekayaan suku dan budaya. Dua hal tersebut menyimpan potensi yang besar untuk dikembangkan agar nama Indonesia semakin terkenal di kancah Internasional. Potensi tersebut coba dibidik sekelompok anak muda, mereka melestarikan dan mencintai tanah kelahiran mereka dengan memproduksi kaos bertema etnik.

Felix, Putra, Jerry, dan Rinaldi, keempat sahabat ini mengenyam bangku sekolah dan bekerja di Bandung. Namun mereka sebetulnya memiliki darah Sumatera Utara yang diturunkan dari orang tua mereka. Berbekal ilmu desain yang digeluti di Sekolah Tinggi Desain Indonesia Bandung, mereka akhirnya terjun ke dunia bisnis clothing dengan mengsung tema etnik Sumatera Utara.

Keseriusan mereka untuk mengangkat kota kelahirannya dimulai dari merek clothing yakni BK Ethnic. BK sendiri adalah kode plat nomor di wilayah Sumatera Utara. Sedangkan ethnic, itu menggambarkan tema clothing mereka yang secara garis besar bertalian dengan adat dan etnis Sumatera Utara.

“Awalnya ngobrol santai, ingin membuat suatu usaha yang berhubungan dengan desain. Akhirnya kami memilih bisnis kaos. Kenapa mengangkat tema Sumatera Utara karena kami ingin bisa melestarikan budaya di sana melalui kaos,” ujar Rinaldi saat berbincang belum lama ini.

Berbekal desain kreatif dan pengetahuan tentang Sumatera Utara, Maret 2012 lalu mereka mulai memproduksi banyak kaos dengan mengangkat tema daerah asal mereka. Mereka optimis, dengan desain yang lebih kreatif bisa diterima oleh masyarakat Sumatera Utara atau wisatawan yang ingin memiliki souvenir khas Sumatera Utara.

“Respon dari masyarakat Sumatera Utara ternyata bagus. Karena mereka melihat desainnya berbeda dan kualitas produk clothing Bandung sudah terjamin,” terangnya.

Meski menguntai benang merah desai etnis batak, namun tak hanya orang berdarah Sumatera Utara saja yang membeli kaos BK Ethnic. Rupanya wisatawan asing yang ingin mendapat souvenir dari Sumatera Utara tertarik dengan kaos buatan BK.

“Banyak juga bule yang beli baju kita untuk jadi souvenir. Selain orang Batak, banyak juga yang membeli karena melihat desainnya,” kara Rinaldi.

BK Ethnic memasarkan produknya di akun facebook ‘BK Ethnic’, atau bagi warga Bandung bisa datang ke kampus Sekolah Tinggi Desain Indonesia Bandung, Jalan Wastukancana.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply